Persibo Tumbang Di Bontang

Sabtu, 21 Januari 20120 komentar

Bontang FC berhasil meraih kemenangan pertamanya musim Indonesian Premier League. Tadi malam, berlaga di depan pendukungnya sendiri, Bontang FC mencatatkan kemenangan penting atas Persibo Bojonegoro. Tak hanya meraih kemenangan 2-0, Trias Budi dkk bermain cukup ofensif pada pertandingan tersebut.

Tidak seperti tim tamu yang umumnya bermain defensive, Persibo justru bermain cukup terbuka dengan formasi 3-4-3. Namun, pola itu seperti menjadi bumerang bagi Persibo dan membuat Bontang Fc yang memainkan pola 4-2-3-1, leluasa untuk menembus pertahanan Persibo. Baru dua menit laga berjalan, Bontang FC sudah mampu menciptakan peluang emas. Sayang, tendangan spekulasi bek kiri,Valentino masih tipis di atas pojok kiri gawang Persibo yang dikawal Fauzi Toldo.

Pada menit ke lima, Bontang FC  bisa unggul jika saja Fassawa Camara mampu memanfaatkan umpan terobosan yang disodorkan oleh Jhon Damasela dari sayap kanan. Sayang, kiper Persibo Fauzi Toldo lebih cepat untuk menghalau bola. Begitu pun halnya, tendangan keras Joshua James Maquiredari luar kotak penalty pada menit ke 7, masih belum menemui sasaran.

Meski Bontang FC mampu mendominasi permainan, Persibo juga juga beberapa kali nyaris membahayakan gawang M Ridwan. Seperti heading Jairon Feliciano pada menit ke 9. Beruntung, heading mantan pemain Persebaya  itu terlalu lemah, sehingga mampu diamankan dengan baik oleh M Ridwan.

Setelah gagal mengkonversi sejumlah peluang, gol yang dinanti akhirnya tercipta di menit ke 18. Adalah trias Budi yang mencetak gol pertamanya musim ini, lewat kaki kirinya, memanfaatkan kemelut didepan gawang Persibo.Bontang Fc pun unggul sementara 1-0 atas Persibo.

Bahkan, Bontang FC tak butuh waktu lama untuk mencetak gol keduanya. Tak jauh berbeda dengan gol pertama, gol kedua Bontang FC yang dicetak oleh Fassawa Camara pada menit ke 38, juga memanfaatkan kemelut didepan gawang. Memanfaatkan tendangan pojok dari sisi kiri pertahanan Persibo,Fassawa yang berduel dan berjibaku dengan pemain belakang Persibo, tanpa kesulitan mengarahkan bola ke gawang Persibo. Keunggulan 2-0 itu pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Bontang FC yang sudah dalam posisi unggul, tampil lebih rileks dan tidak terlalu memaksakan diri. Bahkan, pelatih Bontang Fc,Eddy Simon Badawi membuat perubahan pola formasi di babak ini. Setelah melakukan sejumlah pergantian pemain, Eddy  merubah pola permainan dari 4-2-3-1 menjadi 3-4-3. Adapun, untuk tiga penyerang yang dipasang di depan adalah Joshua James Maquire, Fassawa Camara, dan Jhon Damasela.

Sayang, sekalipun tampil lebih offensif dengan pola 3-4-3, Bontang Fc tidak mencatatkan peluang sebanyak babak pertama. Jika pada babak pertama Bontang FC mencatatkan sedikitnya lima shot on target, maka di babak kedua hanya ada satu shot on target. 

Satu peluang emas itu adalah lewat tendangan keras Firman Usman, memanfaatkan kemelut di depan gawang Persibo. Beruntung bagi Persibo, tendangan Firman masih bisa diblok oleh pemain belakangnya.

Hingga peluit panjang di bunyikan, tak ada gol tambahan dari kedua tim yang tercipta di babak kedua. Bontang FC pun meraih kemenangan pertamanya 2-0 atas Persibo. Itu adalah kemenangan pertama Bontang FC, dari lima laga yang sudah dilakoninya di IPL.

Seusai pertandingan, pelatih Bontang FC menyebut pertandingan sore itu sangat menarik. "Terima kasih untuk Persibo yang telah bermain bagus. Mereka berusaha untuk menjadikan pertandingan ini berjalan menarik dan tetap (menjunjung) fair play," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Persibo menyebut absennya dua pilar, Mekan Nasyrov di sayap kanan dan strikernya M Iskandar menjadi salah satu penyebab kegagalan mereka meraih poin di Mulawarman. Seperti diketahui, Mekan dan Iskandar terkena akumulasi kartu yang diterima beberapa waktu kemarin.

Selain itu, Paulo mengatakan, timnya banyak dihuni oleh pemain-pemain muda dari tim U-21 Persibo. "Mereka masih sering terlihat grogi," ujar mantan pelatih Sao Paolo Brazil itu. "Selain itu Paulo mengucapkan Terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Boromania yang telah memberi semangat kepada Persibo secara langsung" sambung pelatih yang musim lalu mengarsiteki Tangerang Wolves di Liga Primer Indonesia (LPI) itu. 
Share this article :