Persibo Evalusi Tim

Sabtu, 24 Maret 20120 komentar

Putaran pertama Indonesian Premier League (IPL) telah dilalui Persibo Bojonegoro dengan sangat gemilang. Berstatus tim yang minim pengalaman, nyatanya anak asuh Paulo Camargo mampu menjadi juara paruh musim.

Salah satu yang menentukan peringkat Persibo adalah lini pertahanan dan di bawah mistar gawang. Walau para penyerang tim berjuluk Laskar Angling Dharma lebih sering mendapat pujian, namun kontribusi pemain di lini belakang tak pantas disepelekan.

Trio Aang Suparman, Lexe Anderson dan Sigit Mieko Susanto terbilang sangat solid. Plus kiper Fauzi Toldo yang musim ini mencuatkan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di IPL. Hingga berakhirnya putaran pertama, empat pemain itu hanya kebobolan delapan gol.

Defisit itu tergolong rendah di antara semua tim IPL. Persibo hanya kalah dari Persebaya Surabaya yang kebobolan tujuh gol dan setingkat dengan tim berpengalaman Semen Padang. Pelatih Persibo Paulo Camargo tak ragu memberi pujian kepada keempat pemain di depan gawang itu karena telah menunjukkan performa istimewa.

“Berdasar evaluasi putaran pertama, lini pertahanan memang harus mendapat pujian. Mereka bisa memainkan pola 3-4-3 dengan sangat baik walaupun strategi itu langka di tim Indonesia. Kiper Fauzi juga tampil luar biasa,” ungkap Paulo Camargo.

Ia pun menantang para pemainnya untuk mencatat hasil lebih bagus di putaran kedua nanti. Jika di putaran pertama hanya kebobolan delapan gol atau 0,72 gol per pertandingan, Camargo ingin catatan itu bisa ditekan di bawah angka delapan.

Apalagi di putaran kedua nanti kemungkinan Laskar Angling Dharma bisa diperkuat bek lokal Aries Tuansyah yang menderita cedera panjang. Aries memang beberapa pekan terakhir telah mengikuti latihan rutin, namun belum bisa mengikuti pertandingan reguler.

Khusus pemain yang pernah menjadi kapten Persibo ini, Camargo memang tak terlalu memaksakan secepatnya turun. Selain harus pulih total dari cederanya, Aries yang berjasa membawa Persibo promosi dari Divisi Utama tersebut harus berjuang mengembalikan kondisi fisiknya karena lama tak bermain.

Jika demikian, tampaknya trio Aang, Lexe dan Sigit masih akan bertahan dalam waktu lebih lama. “Terlalu riskan untuk memaksakan pemain yang lama cedera untuk langsung masuk tim utama. Saya lihat kondisi dulu, dan sementara ini saya ingin meningkatkan kemampuan bek yang ada,” tandasnya.

Setelah rehat putaran pertama, rencananya Persibo bakal kembali ke putaran kedua pada 8 April dan langsung menghadapi lawan berat Semen Padang di Stadion Letjen H Soedirman. Camargo pun masih mendapat kesempatan beberapa pekan untuk mempersiapkan pasukannya. 
Share this article :